Steve Jobs --> The Master Mind  

Posted by: Kiky in ,
Saya mendapatkan buku spesial biografi Steve Jobs ini dari orang yang juga spesial, semuanya spesial sampai-sampai setelah hampir 3 bulan baru saya selesai membacanya. Bukan karena malas, tapi karena bukunya relatif tebal, dan dalam beberapa hal buku ini sangat berliku, sehingga butuh pengulangan baca disana-sini (mungkin lebih karena otak saya yang pas-pasan). Sudah selesai membaca buku ini, saya menjadi tertarik untuk membahasnya di sini... Buat yang mau baca..Enjoy ^^

Penulis biografi Steve Jobs adalah Walter Isaacson, yang juga pernah sukses menulis beberapa biografi tokoh terkenal seperti Einstein: His Life and Universe (2007) dan Benjamin Franklin: An American Life (2003). Sebagai seorang pecinta buku, saya sangat kagum dengan cara kerja Isaacson menceritakan tokoh yang diangkatnya dalam buku, untuk biografi Steve JObs dia sudah memulai risetnya dengan mewawancarai Steve sejak tahun 2009, bahkan untuk mendapatkan cerita yang lebih obyektif, dia juga mewawancarai lebih dari 100 orang anggota keluarga, teman, rekan bisnis, bahkan saingan Steve Jobs.

Dalam biografi ini, Isaacson menggambarkan kehidupan Steve JObs yang penuh liku, kepribadiannya yang kuat dan kreatif, pola pikirnya yang visioner serta talentanya yang luar biasa yang telah membawa revolusi besar bagi perkembangan industri teknologi (Silicon Valley).

Biografi ini menceritakan dari awal sebelum Steve Jobs menjadi sangat terkenal dan sukses, diceritakan kalau ternyata SJ adalah anak yang "disia-siakan" oleh orang tuanya. Dia dibesarkan oleh orang tua angkatnya yang sangat menyayanginya dan begitu jujur menceritakan kondisi SJ yang sebenarnya. Mengetahui kalau ternyata dia telah "dibuang" oleh orangtua kandungnya menjadikan dia sangat membenci dan apatis terhadap orang tua kandungnya, disisi lain dia menganggap orang tua angkatnya adalah orang tua yang sebenarnya untuknya. SJ sangat mencintai ayah angkatnya dan menjadikannya panutan.



SJ hidup dengan kreativitasnya, bayangin aja ya pada tahun 1970 & 1980-an dia bisa membuat revolusi pada teknologi komputer (saya sendiri belum lahir waktu itu), kemudian membuat film animasi pada tahun 1990-an & musik digital pada tahun 2000-an. Steve Jobs telah menjadi legenda dalam dunia bisnis karena kreativitas & visinya. Melalui Apple Computer Pixar Studio & iPod Steve telah mengubah dunia bisnis gaya hidup sekaligus teknologi. SJ bukanlah seorang insinyur atau lulusan sekolah bisnis elite. Steve bahkan drop-out dari perguruan tinggi. Konon juga ia terkenal dengan cara berpikir & gaya hidup “anti-kemapanan” (paradox ngliat warisan yang sekarang dia tinggalin..LOL).

Dari sekian ratus halaman biografi ini ada yang menarik bagi saya, di salah satu bagian diceritakan bagaimana Steve Jobs yang mengungkapkan kekagumannya terhadap pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Jobs kagum karena Mark tidak `menjual diri’ serta dominasinya di dunia jejaring sosial. (Ada yang udah nonton Social Network belom, disitu saya naksir berat sama....... yang jadi Mark Zuckerberg, he's total hottie, LOL).

Dilain pihak, terlihat juga sikap SJ yang sangat sinis dengan Bill Gates, udah jadi rahasia umum memang kalo kedua inovator di bidang teknnologi ini sering bersilang pendapat, salah satu pendapat sinis SJ yang cukup membuat saya tertawa adalah ketika dia mengatakan " Bill Gates lebih nyaman dalam dunia filantropis ketimbang teknologi..." seorang Bill Gates dibilang kurang inovasi coba....

Teman-teman, musuh, dan kolega-koleganya juga memberikan pandangan yang sebenarnya tentang gairah, sikapnya yang perfeksionis, obsesinya yang sering membuat orang disekitarnya menjadi marah dan putus aja, jiwa seninya yang unik, sampai kejahata dan paksaan untuk menghasilkan produk yang inovatif.



Biografi ini juga membahas cukup banyak mengenai perkembangan Apple, ini nih yang bikin mumet...hehehe. Dibagian yang lain juga mengulas mengenai sistem operasi Android...(lebih mumet baca bagian ini...) Steve Jobs menganggap Android merupakan PRODUK CURIAN. Bahkan Steve Jobs pernah bersumpah akan mengabdikan seluruh hidupnya hingga nafas terakhir untuk menghancurkan Android...(sekarang SJ udah meninggal, Android masih maju jaya ya..) Isaacson menulis, Steve Jobs sangat marah ketika HTC memperkenalkan ponsel berbasis Android pertamanya di tahun 2010. Apalagi, Steve Jobs mengetahui kalau Android dengan bangganya diperkenalkan sebagai produk yang ternyata menggunakan sejumlah fitur yang sama dengan iPhone.

Dari kesegala kemumetan saya mencoba memahami isi buku ini sepenuhnya ada pelajaran penting yang bisa diambil (me version):
1. Gak ada ceritanya tu kesuksesan yang instan, semua butuh proses, usaha dan waktu... gak ada juga jalan lurus tanpa hambatan, mungkin kadaang akhirnya juga harus menemui jalan buntu, tetapi jika kite terus berusaha mencari jalan itu, akan ada secercah terang untuk kita mulai bangkit (maaf bahasanya jadi makin aneh...)
2. Kegagalan, penolakan, rintangan adalah hal biasa yang harusnya menjadi pewarna kehidupan kita. Jangan sampai hal-hal itu membuat kita menjadi terhenti untuk mencapai impian-impian kita.
3. Kalau belum se-kaya Steve Jobs jangan pernah berpikir untuk menjadi keras kepala o.O
4. Kalau mau berinovasi, eksentrik, unik jangan nanggung-nanggung...jangan selalu ngikutin mainstream yang ada, jadilah dirimu apa adanya, jadilah diri sendiri, bersyukurlah dengan talenta apapun yang kita miliki,,
5. Kerjakan apapun yang kamu suka, jangan mengerjakan sesuatu pekerjaan yang tidak kamu suka karena hasilnya gak akan maksimal..
6. Kalau mau baca buku biografi harus siapin cemilan yang banyak dan suasana yang nyaman, karena butuh konsentrasi yan tinggi untuk bisa setidaknya mengerti apa yang ditulis si penulis...

Banyak kan? ya iyalah bukunya aja tebelnya ampun...
Hehehe...well, okeh, segitu dulu review nya...sampai ketemu di review buku yang lain ^^
This entry was posted on Jumat, Februari 24, 2012 and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

2 komentar

mmmm,,,SJ emang keren^^
tp ko ya pelajaran ke-6,,ngefek banget ke body,,heheh piss Ki^^

haduuuh...komen gak pennnting... !!! hahahahaha...
emailnya besok aja kalo gitu ya..mau off dulu ne..wkwkwkwk *semena-mena

Posting Komentar