Pajak Orang Gemuk o.O  

Posted by: Kiky in
Jerman, salah satu negara dengan sistem kesejahteraan sosial paling baik di dunia sedang mengusulkan sistem pajak baru. Warga Jerman yang memenuhi kualifikasi untuk dikatakan sebagai orang gemuk harus membayar pajak yang lebih besar (Alhamdulillah saya tinggal di Indonesia, o.o) Ada-ada aja, mungkin itu pikiran beberapa orang, namun sebenarnya ada alasan yang logis kenapa pemerintah Jerman mau repot ngurus hal-hal yang beginian... Apa aja itu alasannya?

Menjadi gemuk tidak selalu menjadi pilihan, karena kalau boleh memilih saya rasa tidak ada yang ingin menjadi gemuk...hehehehe...selain risiko penyakit, gemuk juga bisa menyebabkan seseorang menjadi rendah diri yang akibatya terisolasi dari pergaulan sosial, tidak hanya sampai disitu saja, orang gemuk yang rentan dengan penyakit cenderung menyedot anggaran kesehatan yang lebih besar (nyambung kan, orang dengan kemungkinan sakit lebih besar jadi lebih sering berobat), itu mungkin sekelumit yang dipikirkan parlemen Jerman ketika membahas mengusulkan Fat Tax ini... sungguh sangat visioner dan open minded banget ya ternyata mereka, bandingkan dengan parlemen negara ini..(ooow..owww no-offense)..
Di Jerman sendiri, permasalahan kesehatan yang menimpa warga dengan obesitas menjadi hal serius karena menjadi beban negara. Sebab, sistem kesehatan di negara tersebut dibiayai oleh serangkaian dana asuransi kesehatan wajib yang dibayarkan seluruh warga. Kebijakan itu ditempuh dengan tujuan untuk menutup defisit anggaran kesehatan akibat peningkatan jumlah penyakit akibat obesitas.. (Tiba2 keinget Mr. Ibas ^^)


Oke jadi apa sebenarnya Fat Tax ini?
Fat tax adalah pajak yang dikenakan makanan atau minuman yang menggemukan dan orang-orang yang gemuk. Nah mengenai apa itu definisi makanan atau minuman yang menggemukan, parlemen Jerman saat ini sedang membahas skemanya lebih detail. Jadi tidak saja pajak ini akan diberlakukan untuk individu tetapi juga untuk industri, karena kalau benar dan kalau jadi makanan atau minuman yang menggemukan juga harus dikenai pajak yang lebih besar, efeknya akan berembet juga ke industri. Oleh karenanya pembahasan yang komperhensif dan seksama sangat dibutuhkan. Kita tunggu saja untuk yang satu itu, jadi atau enggak? dan kalau jadi skema nya akan seperti apa..??

Marilah berandai-andai, kalau pajak tersebut jadi diberlakukan, lalu akan kemana uang Fat Tax tersebut? Semestinya dialokasikan untuk anggaran kesehatan. Berapa besarnya pajak tersebut? Apakah tarifnya juga akan progresif, semakin gemuk semakin besarrr??? Dan apakah tujuannya yaitu menyadarkan pentingnya pola hidup masyarakat juga akan tercapai?? Well,, sepertinya dalam bulan ini akan ada berita kelanjutannya, in the mean time, kita tunggu saja *sambil makan roti *munch..munch...




This entry was posted on Rabu, Februari 22, 2012 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

2 komentar

hahahaa>>>> baru denger ku ada pajak seperti itu.... apa aku yg kurang update ya ^^

ya jelas kamu kurang apdet sodari...
makanya sering-seringlah main kesini...hahahahahaha

Posting Komentar