NOBEL PRIZE 2012 GOES TO....  

Posted by: Kiky
Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahun kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, yang telah berhasil menemukan teknik atau peralatan yang baru atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat dunia.

Penghargaan Nobel pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang insinyur, pebisnis, dan kimiawan asal Swedia yang menemukan dinamit. Dalam wasiatnya yang ditandatangani di Swedish-Norwegian Club di Paris pada tanggal 27 November 1895, dia menyerahkan hartanya untuk diberikan kepada orang-orang yang telah berjasa besar dalam kemanusiaan. Konon, motivasinya karena dia merasa kecewa bahwa hasil penemuannya justru dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan yang merusak.



Seremonial untuk penghargaan Nobel di bidang literatur, fisika, kimia dan obat-obatan pertama kali diadakan di Old Royal Academy of Music di Stockholm pada tahun 1901. Hingga saat ini Penghargaan Nobel rutin dianugrahkan setiap tahunnya pada tanggal 10 Desember, yaitu tanggal Alfred Nobel wafat. Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite dan institusi yang berwenang sebagai badan seleksi penerima penghargaan.

Nah, untuk para penerima Penghargaan Nobel Tahun 2012 sudah diumumkan ni, ada 6 kategori yaitu dibidang Fisika, Kedokteran, Kimia, Sastra, Perdamaian dan Ekonomi. Mau tahu siapa saja para tokoh luar biasa itu... :)

NOBEL FISIKA

Serge Haroce
Pria kelahiran Maroko, tahun 1944 ini bekerja di Universite et Marie Curie, Prancis.

David J.Wineland
Wineland seumuran dengan Serge kelahiran 1944 di Milwauke, AS. Saat ini dia bekerja di Universitas Harvard, As

Keduanya diberi penghargaan nobel di bidang Fisika setelah menemukan cara mengukur partikel kuantum yang tak kasat mata tanpa menghancurkannya. Implikasi dari temuannya adalah pengiriman informasi yang lebih cepat, sehingga diharapkan dapat bermanfaat dalam penerapan teknologi di masa depan.

NOBEL KEDOKTERAN

Sir John B Gurdon
Kakek asli Inggris ini kelahiran 1933, dia merupakan Profesor di Universitas Cambridge, Inggris.

Shinya Yamanaka
Om Yamanaka merupakan Profesor di Universitas Kyoto, Jepang.

Keduanya secara terpisah melakukan kloning mahluk hidup dengan sel orang dewasa. Dengan cara demikian, kedua ilmuwan ini menciptakan peluang baru untuk mempelajari efek dari penyakit, sekaligus mengembangkan diagnosis serta terapi baru dengan cara mengganti organ atau jaringan tubuh yang rusak. AWESOME..

NOBEL KIMIA

Robert J. Lefkowitz
Kelahiran 1943, New YOrk, AS, yang merupakan ilmuwan di Institut Medis Howard Hughes dan Universitas Duke, AS.

Brian K. Kobilka
Lahir pada tahun 1945 di Little Falls, AS. Dia adalah ilmuwan biomolekuler di Sekolah Medis Universitas Stanford, AS.

Kedua ilmuwan tersebut berjasa menguak cara kerja sel saraf penerima rangsangan yang berperan penting dalam setiap sel di tubuh manusia. Implikasi dari temuannya diharapkan di masa datang akan dapat menciptakan obat yang lebih efektif untuk menyembuhkan penyakit.

NOBEL SASTRA



Mo Yan, sastrawan asal Cina, kelahiran tahun 1955 merupakan orang Cina pertama yang mendapatkan penghargaan Nobel. Beberapa kali hasil karyanya telah diangkat ke layar lebar antara lain Red Shorgum (1987) dan Happy Times (2000). Hasil karyanya yang berhasil mengantarkannya mendapat Penghargaan Nobel adalah "Who with hallucinatory realism merges folk tales, history and the contemporary". Nah lo,,,,pasti bacaan yang sangat berat :|

NOBEL PERDAMAIAN



Yup, foto yang Anda lihat benar, itu memang foto bendera, tepatnya Bendera Uni Eropa. Peraih penghargaan Nobel untuk kategori perdamaian kali ini bukan diberikan kepada tokoh, melainkan lembaga. Uni Eropa, merupakan organisasi Negara-Negara Eropa yang beranggotakan 27 Negara. Uni Eropa dianggap berkontribusi selama 6 dekade terakhir untuk usahanya dalam perdamaaian, rekonsiliasi, demokrasi dan hak asasi manusia, khususnya di Benua Eropa. Hmmm...sepertinya ini bisa jadi pecut tambahan bagi Uni Eropa dalam menangani krisis finansialnya ya... :)

NOBEL EKONOMI


Alvin E. Roth, saat ini merupakan staf pengajar di Universitas Harvard, AS.


Lyod S. Shapley adalah Profesor di Universitas California, AS.

Teori dasar yang dikembangkan oleh Shapley serta didukung penelitian empiris Roth mengenai stable allocations and the practice of market design menghantarkan keduanya untuk meraih Penghargaan Nobel di bidang Ekonomi. Hasil penelitian keduanya dapat digunakan untuk mengembangkan rekayasa ekonomi untuk peningkatan kinerja dan stabilitas pasar.

Jadi, selamat bagi para pemenang (apa deh ini :| ) Buat yang ingin tau lebih detail mengenai Penghargaan Nobel silahkan klik dibagian Source dibawah ini.



Source:
Wikipedia
NobelPrizeOrg


This entry was posted on Senin, November 26, 2012 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar